40 Cara Menempati Halaman Pertama di Search Engine

Posted by

Berikut 40 Cara Menempati Halaman Pertama di Search Engine. Hal yang harus dilakukan dan harus dihindari, agar website kita dapat menduduki rangking tertinggi di search engine. Daftar berikut melist banyak faktor  yang  mempengaruhi  sebuah  Search  Engine  Optimization, daftar  berikut akan  di  bagi dalam beberapa prioritas antara lain:


1.  Prioritas Tertinggi.
2.  Prioritas Menengah.
3.  Prioritas Rendah.
4.  Hindari.
5.  Hindari atau Kena Sangsi (Ban!)

1. Tulis  dan  buat  content  yang  unik   (prioritas  tertinggi):
content  yang  unik  sangat penting. Perlu bagi pembuat dan pemilik website untuk memiliki content yang memiliki informasi berbeda dari website-website lain yang ada di internet.

2.  Selalu melakukan up date content  (prioritas tertinggi): website yang memiliki content yang selalu di update secara teratur akan menjadi lebih hidup dari pada website yang jarang melakukan update. Hal ini juga membantu meningkatkan relevansi content atas website, dan sangat mempengaruhi rangking.

3.  Gunakan  Keyword  phrase  yang  tepat (prioritas  tertinggi):  hal  pertama  yang harus dilakukan  ketika  bekerja  dengan  SEO  adalah  menemukan  keyword  phrase  yang   tepat. Jangan  mencoba  untuk  melakukan  optimasi  atas  keseluruhan  site  hanya  dengan  satu keyword phrase, tetapi fokuskan usaha pada penulisan content page untuk keyword dan phrase yang spesifik.

4.  Pilih phrase yang populer, tetapi jangan terlalu  populer   (prioritas tertinggi): ketika memutuskan  sebuah  keyword  phrase,  kita  ingin  mendapatkan  keyword  yang  populer tetapi  bukan  yang  sangat  atau  terlalu  populer.  Dalam  hal  pemilihan  keyword  yang populer  bukan  yang  terlalu  populer    sepertinya  bertentangan  dengan  intuisi,  tapi realitasnya  adalah  keyword  yang  sangat
populer  itu  umumnya  terlalu  umum dan  luas serta  sangat  diinginkan  oleh  semua  pemain  online  sehingga  tingkat  persaingannya sangat  tinggi.  Sebaiknya, lakukan  optimasi  pada  keyword  yang  tepat  dan  dapat dioptimasi  dengan  baik,  sehingga  posisi  bisa  menjadi  tinggi.  Dengan  menggunakan keyword yang tidak terlalu populer sangat besar kemungkinan kita untuk mendapatkan pageview  tinggi  meskipun  kita  berada  di  halaman  dua  sekalipun,  daripada bersaing dikeyword yang populer akan tetapi hanya dapat berada di halaman 50.

5.  Buatlah  website  yang  accessible  (prioritas  tertinggi):  accessible  HTML  adalah  yang dapat di akses baik oleh search engine spider serta dapat di baca oleh pengunjung atau visitor.  Semakin  mudah  diakses  page  yang  kita  buat,  akan  semakin  mudah  search engine untuk membacanya dan merangking page-pagenya.

6.  Gunakan keyword phrase didalam title tag  (prioritas tertinggi): title tag adalah salah satu  tag  terpenting  didalam  sebuah  webpage.  Dengan  menuliskan  keyword phrase  di title  tag,  sebaiknya  di  bagian  atas  atau  awal,  adalah  sangat  penting  untuk  membuat phrase  tersebut  masuk  ke  search   engine.  Ditambah  lagi,  ini  membuat  keyword  phrase akan di tempatkan sebagai link di
index search engine.

7. Gunakan domain dengan keyword phrase  (prioritas tertinggi): menggunakan keyword phrase sebagai nama domain  adalah  salah  satu  cara  terbaik untuk  lebih mengoptimalkan phrase tersebut.
8.  Gunakan  keyword  phrase  pada  URL   (prioritas  tertinggi):  jika  tidak  dapat menggunakan  keyword  dalam  nama  domain,  keyword  dapat  gunakan  di  URL.  Search engine membaca URL  dan memberikan nilai pada teks yang ada di dalamnya.

9.  Gunakan  banyak  keyword  phrase,  tapi  jangan  berlebihan (prioritas  tertinggi): rasio perbandingan  antara  keyword  terhadap  teks  dalam  page  disebut  keyword  density. Sangatlah  penting  untuk  mengulang  keyword  dalam  dokumen,  tapi  jangan  berlebihan. Prosentasi keyword density seharusnya antara 3%  -  7% untuk keyword phrase utama dan 1%-2% untuk secondary keyword atau keyword phrase.

10. Gunakan keyword phrase sebagai headline (prioritas tertinggi): headline tags (h1, h2, h3,  etc.)  adalah  tempat  yang  tepat  untuk  meletakkan  keyword  phrase  dan  secondary keyword. Search engines  menyadari  jika  headline  lebih penting  dibandingkan  dengan teks-teks  lain  di  sekitarnya,  sebaiknya  letakkan  keyword  disana  untuk  mendapatkan nilai lebih.

11. Gunakan keyword phrase dalam anchor text link  (prioritas tertinggi): link text adalah tempat  lain  yang  tepat  untuk  meletakkan  keyword  phrase.  Disetiap  webpage keberadaan link biasanya lebih menonjol dibandingkan dengan teks yang lain.
 
12. Mintalah  orang  lain  untuk  melink  ke  website  kita  (prioritas  tertinggi):  cara  bagus untuk mendapatkan inbound link adalah  dengan  meminta  orang lain  untuk melink ke web kita. Tetapi jangan berlebihan, cross-linking  yang berlebihan  akan  dianggap sebagai spam. Berhati-hatilah dengan membeli link dari pihak ke tiga.

13. Usahakan keyword phrase ada dalam incoming link  (prioritas tertinggi): inbound link merupakan salah  satu  cara  untuk  menaikkan  page  rank. Tetapi  kita  tidak  dapat mengontrol  bagaimana  orang  me-link  ke  page  kita.  Seandainya  mereka  tidak  mau menggunakan phrase yang mendekati keyword  prase  kita.  Yang  perlu  di  ingat  adalah,  mereka  melakukan  link  secara  sukarela,  seandainya  memungkinkan  kita dapat memintanya  dengan baik-baik  kepada  mereka  untuk  menggunakan phrase yang kita kehendaki,  karena  terkadang  mereka  bisa  sangat  sensitive. Bila  tidak  hati-hati, bisa jadi mereka akan menghapus link ke webpage kita.

Cara lain untuk menempatkan keyword phrase dalam inbound  link adalah dengan menyediakan teks link siap pakai. Contoh:
Please link to this page:
<a href="http://marketbiz.net/index.php">SEO Indonesia Services</a>

14. Usahakan mendapat link dari site-site bereputasi tinggi (prioritas tertinggi): site-site yang  terkenal  jika  mereka  mau  bertukar  link  dengan  kita  akan  dapat  menaikkan reputasi  kita.  Mereka  biasanya  bersedia  untuk  melink  ke  web  kita,  bila  kita dianggapnya  memiliki  nilai  lebih.  Caranya  adalah  dengan  menyampaikan  ke   mereka bahwa  site  kita  memiliki  nilai  lebih  dengan  menyebutkan  bahwa  site  kita  memiliki posisi tinggi di search engine dan Google page ranknya juga tinggi.

15. Dapatkan link dari site yang sama atau sejenis (prioritas  tertinggi): outbound link yang  berasal  dari  site  sejenis  sangatlah  penting.  Ini mengindikasikan  bahwa  site  kita memiliki  content  yang  berkaitan  dengan  topic  tertentu  dan  berhubungan  dengan  yang lain.  Selain  itu  juga mengindikasikan  kepada  pesaing  jika  site  kita  cukup  bernilai dan mereka akan memberikan kredibilitas lebih.

16. Dapatkan link dari site-site  .edu, dan .gov  (prioritas tertinggi): site-site dengan .edu dan .gov adalah top-level domain memiliki tingkat kredibilitas tinggi  karena domain-domain  ini  sangat  sulit  didapatkan. Jika desainer-desainer dari  site-site  tersebut  mau melakukan link ke site kita, akan menaikkan kredibilitas site kita.  

17. Buat  sebanyak mungkin content  (prioritas menengah): content adalah segalanya. Semakin  banyak  content  yang  ada  di  dalam  site,  akan  semakin  besar  kemungkinannya untuk terindeks dan muncul di search engine.

18. Usahakan content website  tetap  dalam  satu  tema  (prioritas  menengah):  tema  atau topik dari keseluruhan site sangat penting. Jika kita memiliki banyak page dengan satu tema, akan meningkatkan kredibilitas tiap page.

19. Peliharalah site kita (prioritas menengah): karena  page-page yang sudah lama  (di domain yang sama) akan memiliki rangking lebih tinggi dibandingkan dengan page yang baru (di dalam domain yang sama).

20. Buat  sitemap  (prioritas  menengah):  search  engine  suka  sitemap,  bukan  untuk perankingan, tapi untuk menemukan link  dalam website kita. Sitemap  dapat berbentuk  XML  sitemap  atau Google sitemap, bahkan sitemap dengan HTML biasapun bisa dipakai.

21. Gunakan  301  redirect  untuk  permanent  redirect  (prioritas  menengah):  ketika melakukan  redirect  page,  gunakan  selalu  301  http  server  redirect.  Ini  akan memberitahukan  search  engine  jika  redirect  tersebut  permanent  dan  mereka  harus mengganti  indexnya  dengan  URL  baru. Biasanya  untuk  para  spammer  mereka menggunakan tipe redirect yang lain (HTTP 302 redirects dan meta refresh).

22. Gunakan  302  redirect  hanya  untuk  URL  yang  terlalu  panjang  atau  jelek  (prioritas menengah):  HTTP  302  redirect  hanya  untuk    temporary  redirect.  Redirect  ini  hanya digunakan  untuk  meredirect  URL-URL  yang  jelek  agar  menjadi  lebih  user-friendly. Teknik redirect ini akan mengatakan kepada search engine jika URL yang jelek tersebut jangan  dihapus  dari  index,  karena  ada  URL  yang  user-friendly  lain  yang  cocok  dengan URL  tersebut  Perlu  diingat,  para
spammer  juga  menggunakan  302  redirect  ini  untuk mengecoh search engine. Jadi berhati-hatilah jika menggunakan redirect tipe ini.

23. Dapatkan sebanyak mungkin outbound link  (prioritas menengah): link sangat penting  terutama  dari site  lain.  Ini yang disebut outbound  link. Jika kita mendapatkan  banyak outbound  link,  akan  dapat  membantu  menaikan  page  rank.  Perlu  diingat  1-2  link  dari site yang reputasinya bagus akan memiliki nilai yang lebih tinggi dari pada 100 link yang berasal dari link farm.

24. Letakkan  keyword  phrase  di  paragraph  pertama  (prioritas  menengah): pengulangan keyword  phrase  dalam  content  sangat  penting.  Terutama  pada  paragraf  pertama  dan kedua. Perlu diingat lagi, lakukan pengulangan secara wajar dan jangan berlebihan.

25. Letakkan  keyword  phrase  dibagian  atas  HTML  (prioritas  menengah):  selain  dalam paragraf  pertama,  letakkan  juga  content  yang  berisi  keyword  phrase  dalam  dokumen HTML.

26. Letakkan  keyword  phrase  pada  alternatif  text  (prioritas  menengah):  image  dapat dipakai  untuk  meletakkan  keyword  phrase  –  sebagai  alternatif  text.  Ini  adalah  salah satu  cara  meletakkan  keyword  phrase  ke  dalam  dokumen  tanpa  melakukan pengulangan  kata.  Tetapi  kita  tetap  harus  berhati-hati  jangan  sampai  berlebihan,  dan akan terkena ban.

27. Besarkan  font  size  yang  dipakai  untuk  menulis  keyword  phrase   (prioritas menengah):  search  engine  mengetahui  jika  ada  font  yang  ukurannya  lebih  besar  dari standart  font  dalam  page  berarti  dia  lebih  penting  dari  yang  lain. Gunakan  CSS  atau font tag. Gunakan juga perubahan font size ini paga headline tag.

28. Formatlah  keyword  phrase agar lebih  menonjol  (prioritas  menengah):  pakailah <strong> dan <em> untuk membuat keyword  phrases lebih menonjol  dari teks lainnya. Search engine akan membaca tag tersebut dan melihatnya lebih dari pada teks lain di sekitarnya.

29. Tulis  meta  description  yang  jelas   (prioritas  menengah):  search  engine menggunakan description  meta  tag  sebagai  description  di  indexnya.  Jadi  sangat  penting  untuk mendiskripsikan page kita dengan akurat. Selain search engine akan mengindexnya juga membantu pengunjung/visitor untuk menemukan page kita.

30. Link antar page dalam site  -  inbound link  (prioritas menengah): link memang penting, dan  link  antar  page  dalam  satu  site  adalah  salah  satu  cara  termudah  untuk mendapatkan  link.  Memang  link  ini   tidak  penting  dalam  search  engine  rangking  disbanding  link  dari  eksternal  site,  tetapi  cukup  membantu.  Selain  itu  link  antar  page juga akan membantu search engine spider
menemukan semua page di dalam site.

31. Sisipkan  link  diantara  teks (prioritas menengah):  link  yang  dapat  dimasukkan dalam teks  dokumen  (external  link  atau  link  dalam  site)  akan  merangking lebih  tinggi dibanding daftar  link atau bentuk  link  artificial lainnya. Ini dikarenakan search engine menilai content dan link  yang bersatu dalam kontek content yang saling terkait.

32. Tetap  cari  outbound  link (prioritas  menengah):  semakin  tua  umur  link  akan semakin baik.  Jika  ada  100  link  yang  di  pasang  secara  bersama-sama,  search engine  akan melihat kita membeli link, dan akan dianggap sebagai spam.

33. Dapatkan  link  dari  DMOZ  dan  Yahoo!  (prioritas menengah):  DMOZ  dan  Yahoo! Serta direktori – direktori  lain  akan  menunjukkan  jika  page  milik  kita  memiliki keterkaitan dengan bagian dari direktori.

34. Cek  inbound link dan outbond  link  secara  periodik  untuk  pagerank  (prioritas menengah): setiap kali menempatkan  external  link  ke  dalam  site,  ada  resiko dari  site yang  kita link berasal dari  link  farm  atau  "bad  neighborhood".  Dengan secara  periodik melakukan  cek  atas  pagerank  dari  site-site  yang  kita  link, kita  dapat  menghilangkan  link  yang telah berubah menjadi buruk atau tidak layak. Ini membantu untuk menjaga kredibilitas site agar tidak jatuh karena pihak
yang melakukan link ke kita.

35. Buatlah  link  untuk  semua  major  image  (prioritas  menengah):  penting  untuk selalu membuat link image karena orang sering meng-klik image. Search  engine juga menilai  lebih  content  yang  memiliki  link.  Kuncinya  adalah  selalu menyertakan  alternative  link. Semua image yang dapat dilihat pengunjung harus ter-link.

36. Page harus selalu up-to-date (prioritas menengah): page-page yang secara  reguler di up date akan mendapat  prioritas  dibanding  page  lama  yang  tidak  pernah  di update. Dalam  hal  ini  tidak  hanya  membenarkan  ejaan  yang  sudah  ada  tapi juga  melakukan perubahan kecil dan reguler biasanya lebih efektif.

37. Jika harus memakai frame, selalu gunakan noframes tag  (prioritas menengah): frame dan  search  engine  sebenarnya  saling  bertentangan.  Tapi  kalau  harus memakai  frame, berarti harus menyertakan nonframe version.

38. Jika  harus  memasang  Flash,  selalu  sertakan  alternative  text  (prioritas menengah):  flash dan  search engine  juga bertentangan,  tapi  jika harus ada  flash berarti  harus disertakan juga alternatif text yang mendiskripsikan apa yang ada dalam flash element tersebut.  Jika  menggunakan  flash  untuk  keseluruhan  site, harus  disertakan  alternatif version  dari  complete  site  dalam  HTML  sehingga search  engine dan non-Flash  browser dapat melihat dan menampilkannya dengan
baik.

39. Flash  digunakan  untuk  bagian  yang  tidak  terlalu  penting  dalam  page  (prioritas menengah):  penggunaan  terbaik  flash  dalam  website  hanya  untuk  porsi  kecil saja, mungkin  untuk  bagian  yang  tidak  telalu  penting.  Search  engine  dapat melihat flash, tapi melihatnya sebagai image. Berdasarkan pada Google Webmaster Central, site-site yang efektif menggunakan flash adalah "use Flash for rich media but rely on HTML for content and navigation.

40. Dekatlah selalu dengan  root directory (prioritas rendah): semakin tinggi page kita di sub-direktori, akan semakin baik rangking kita di search engine. Dikarenakan page-page yang terlist berada di root directory umumnya lebih baik dari page-page yang terdapat pada kedalaman 4 atau 5 di site.




dikutip dari ebook 97 langkah top 10 search engine
Sekian Artikel 40 Cara Menempati Halaman Pertama di Search Engine


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 04.04

0 komentar:

Posting Komentar

Pastikan komentar anda sesuai topik dan tidak mengandung unsur SARA
Tidak diijinkan menyertakan link aktif

Recent